Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Blue Sky Simple News Simple News R.1 Simple News R.2 Simple News R.3 Simple News R.4

Senin, 09 Januari 2012

Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil

Mau minum susu sapi, tapi rasanya eneg. Tapi kalau ngga minum susu sapi, jangan-jangan nanti calon bayi saya bisa kurang gizi. Adakah sumber gizi yang baik selain dari susu sapi?

Sekarang moms tidak perlu khawatir karena ada opsi lain yaitu susu kedelai. Menurut penelitian yang telah telah dilakukan selama bertahun-tahun, susu kedelai dipercaya juga mengandung banyak sekali nutrisi khususnya nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Susu kedelai juga sangat cocok untuk ibu hamil yang alergi terhadap lactosa (biasa dikenal sebagai kondisi lactose intolerant). Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat di dalam susu kedelai antara lain :
Protein. Berguna untuk pertumbuhan janin, perbaikan jaringan yang rusak, mengoptimalkan pertumbuhan organ pada janin, memelihara fungsi organ-organ pada ibu hamil, serta menambah imunitas (daya tahan) tubuh. Protein pada susu kedelai tersusun oleh sejumlah asam amino penting (lesitin, arginin, lisin, glisin, niasin, leusin, isoleusin, treonin, triptofan, fenilalanin).
Asam Folat. Banyak terdapat pada sayuran hijau serta kacang-kacangan. Asam folat berguna untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel syaraf pada janin (sangat diperlukan pada persiapan kehamilan dan kehamilan trimester 1).
Lemak Nabati sebagai cadangan lemak yang baik untuk tubuh ibu hamil dan janin.
Karbohidrat sebagai sumber energi untuk tubuh.
Serat. Berguna untuk kelancaran sistem pencernaan dalam tubuh. Untuk ibu hamil, kelancaran sistem pencernaan penting agar penyerapan zat-zat gizi yang bermanfaat dapat optimal. Sistem pencernaan yang tidak lancar akan mempengaruhi metabolisme tubuh dan zat-zat gizi pada ibu hamil yang dapat berakibat langsung pada perkembangan janin.
Vitamin A. Biji kedelai mengandung karoten, yang merupakan bahan dasar vitamin A, membantu kelancaran fungsi organ penglihatan dan pertumbuhan tulang pada janin.
Vitamin B. Vitamin B1 atau yang sering disebut thiamine sangat berperan dalam reaksi-reaksi dalam tubuh yang menghasilkan energi untuk kelancaran moms dalam beraktifitas sehari-hari. Vitamin B2, disebut juga flavin, merupakan pigmen yang banyak terdapat pada susu, baik susu sapi, ASI, maupun susu kedelai.
Vitamin E. Meningkatkan profil kesuburan, bisa mencegah keguguran, dan penyakit jantung kardiovaskuler, meningkatkan produksi air susu, dan juga memiliki fungsi sebagai antioksidan.
Isoflavon. Ikatan sejumlah asam amino dengan vitamin dan beberapa zat gizi lainnya dalam biji kedelai ada yang membentuk flavonoid. Dan salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat pada biji kedelai dan amat bermanfaat bagi kesehatan adalah isoflavon. Isoflavon diantaranya berperan mempercepat metabolisme, melancarkan pencernaan, meningkatkan sistem imunitas, memperkuat struktur matriks tulang, meningkatkan fungsi kognitif, dan lain-lain.
Kalsium. Salah satu mikro mineral yang berguna bagi tubuh manusia. 99% dari kalsium dapat ditemukan pada tulang dan 1% dialirkan pada selaput cair, di dalam struktur sel dan selaput sel. Fungsi kalsium cukup penting, apalagi di masa kehamilan, yaitu untuk pertumbuhan tulang janin.

Jadi, kalau ibu hamil ingin mencoba variasi lain selain susu sapi, tapi tetap bergizi, saatnya mencoba susu.

Sumber:mommeworld.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.